Ini Dia 15 Etika dalam Pertemuan Bisnis



Sudah sepantasnya kita menganggap bahwa pertemuan bisnis merupakan pertemuan penting. Namun sayangnya, kita seringkali tidak tahu bagaimana mengambil sikap dalam pertemuan tersebut, terutama ketika peserta lainnya tidak kita kenal sebelumnya. Kita hanya berharap dapat memberikan kesan yang baik dalam pertemuan bisnis tersebut, sehingga kita sering merasa canggung atau tidak percaya diri.

Meskipun demikian, percaya diri bukanlah hal yang utama ketika kita membawa diri dalam situasi penting seperti pertemuan bisnis. Jangan sampai kita merasa yakin bahwa kita sudah memberikan kesan yang baik kepada orang lain, namun kenyataannya adalah sebaliknya.

Berikut tips etika dalam pertemuan bisnis:

1. Berbaur dengan yang lain sebelum meeting dimulai
Ini kesempatan untuk menjual diri kita, bertemu dengan orang dan memperkenalkan diri kita. Jika peserta meeting tidak mengenali satu sama lain, dalam pembuka meeting, perkenalkanlah peserta meeting dengan jabatan yang paling tinggi.

2. Buatlah menjadi ringkas
Katakan poin-poin penting dalam penjabaran presentasi kita, katakan pula apa yang kita butuhkan sebagai inti permasalahan dengan kalimat yang efektif. Jangan mengulang informasi yang tidak penting.


3. Inisiatif untuk menjabat tangan peserta rapat jika kita moderator/host atau memiliki jabatan tertinggi dalam rapat
Moderator/host meeting adalah pemimpin tertinggi dalam rapat, tanpa memperhatikan gender, harus mengulurkan tangan lebih dahulu.

4. Tetap berdiri ketika kita memperkenalkan diri maupun peserta rapat
Berdiri membantu memastikan kehadiran kita. Sangat mudah bagi peserta rapat menghiraukan jika kita tidak berdiri.

5. Tepat waktu
Pastikan kita tiba tepat waktu di lokasi rapat jika kita tidak ingin membuang waktu pesera rapat yang tiba lebih dahulu.

6. Duduk dengan wajar
Sesuaikan kursi kita agar memiliki ketinggian yang sama dengan peserta rapat lainnya. Pria dan wanita harus menghindari menyilangkan kaki karena akan mengganggu dan juga terlihat tidak profesional.

7. Berpakaian yang sopan
Pakaian bisa menambah kesan profesional atau mengurangi kredibilitas kita. Cari tahu dress code apa yang digunakan dalam rapat dan pastikan cara berpakaian kita mengikuti aturan perusahaan.

8. Jangan biarkan peserta rapat meninggalkan ruangan!
Tidak masalah untuk membukakan pintu untuk tamu kita, tetapi dalam rapat formal semua peserta rapat harus fokus dan konsentrasi membahas materi sampai selesai.

9. Persiapkan diri kita
Ketahui mengenai materi yang akan dibahasa dalam rapat dan posisi kita dalam rapat. Persiapkan beberapa pertanyaan untuk diajukan.

10. Patuhi agenda rapat
Jika kita sedang rapat, sangat penting untuk selalu dalam ‘track’ yang benar untuk mencapai tujuan diadakannya rapat. Menghindari penyimpangan pembahasan, pastikan kita memiliki asisten yang mengingatkan kembali ke arah yang benar.

11. Lantangkan suara kita dan bicaralah lebih dulu!
Suara yang jelas dan lantang akan membuat suara kita didengar peserta rapat. Berilah komentar yang berarti dan menyentuh pada pembukaan rapat yang bisa menarik perhatian dan memberi semangat peserta rapat.

12. Mengetahui peraturan tidak tertulis dalam berbicara
Sangat tidak sopan untuk menyela orang yang sedang berbicara, tetapi dalam beberapa rapat diperbolehkan meng-interupsi materi yang sedang dibahas. Pahami peraturan dalam rapat sehingga menghasilkan rapat yang produktif.

13. Kita boleh minum teh/kopi atau air mineral, tetapi hindari untuk makan besar saat rapat
Kecuali ini adalah rapat saat sarapan, makan siang atau makan malam, sebisa mungkin hindari untuk makan besar di meja. Kita akan membuat gangguan dengan suara atau aroma dari makanan kita. Dalam beberapa rapat, biasanya disediakan cemilan/kudapan yang bisa disantap. Itupun dengan catatan tidak mengganggu konsentrasi peserta rapat yang lain.

14. Awasi telepon genggam kita!
Jangan menaruh handphone kita di meja saat rapat, meskipun dalam mode silent/getar, cahaya atau getaran akan mengganggu dalam rapat. Tinggalkan ruangan rapat sejenak saat ada panggilan masuk atau ketika kita ingin membalas chatting/sms.

15. Jangan simpan semua pertanyaan kita sampai akhir rapat
Ajukan pertanyaan di saat yang tepat. Jangan memulai mengajukan pertanyaan atau menambahkan sesuatu yang belum dibahas/diperlukan. Kita tidak ingin menjadi ‘pengrusak’ dalam rapat bukan?

Demikian 15 etika dalam pertemuan bisnis. Salam sukses!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Ini Dia 15 Etika dalam Pertemuan Bisnis"

Posting Komentar