Sebagai
pelaku bisnis, tentunya kita memikirkan satu hal tentang bagaimana menggoda
para customer agar bisa melirik toko kita. Karena seringnya kita berfikir bahwa
hal ini merupakan cara terbaik untuk memikat hati customer. Memang benar,
sebuah diskon merupakan hal yang di incar oleh kebanyakan orang. Akan tetapi
ada beberapa bisnis yang tidak boleh menerapkan diskon, apalagi dilakukan
secara terus menerus.
Berikut
penjelasannya;
Rasa
kecewa akan timbul di dalam diri sang customer. Seringnya kita percaya bahwa
memberikan sebuah diskon bisa meningkatkan sebuah penjualan. Sadarlah, bahwa
jika hal ini dilakukan terus menerus akan mengakibatkan kerugian yang dialami
oleh dirimu sendiri. Cobalah untuk memikirkan hal ini, memanage sebuah produk
yang kamu punya agar tidak mengalami kerugian yang sangat fatal. Misalnya saja,
jika kamu ingin memberikan sebuah diskon kepada produk satu, maka kamu harus
pikirkan produk lainnya. Dengan cara memberikan diskon kepada satu produk, dan
produk lainnya dinaikan harganya, atau bisa juga menaikan harga pengiriman,
menurunkan harga produksi, sampai semua biaya diskon bisa tertutupi.
Cobalah
untuk menggunakan strategi yang saling menguntungkan. Dalam bisnis jangan
terlalu bersemangat untuk mendapatkan keuntungan besar dari satu produk saja.
Berikan satu hal yang membuat customer senang, namun dengan alasan yang sesuai.
Jangan coba lakukan pemberian diskon dengan menurunkan kualitas prodduk, karena
ini hanya akan menjadi hal percuma untuk kamu, dan bisa mengecewakan customer.
Jangan
berikan kesempatan kepada competitor untuk menyerang mu. Ketika bisnismu sedang
mengalami masa sulit dalam menentukan harga, competitor akan bergerak cepat
mengikuti langkah kamu dan malah akan mendahului langkahmu. Dan
jangan biarkan kepercayaan customer meleleh, penentuan harga merupakan hal yang
harus dipikirkan matang – matang. Karena sebelum kamu memasarkannya dengan
harga yang telah kamu tentukan, bisa saja kamu didahului oleh orang lain dengan
harga yang lebih murah dan barang yang sama.
Hubungan
antara kamu pelaku bisnis dengan customer dibangun dari rasa percaya terhadap
produk yang kamu tawarkan. Jangan biarkan diskon merusak brand image kamu,
karena sebuah keyakinan akan produk didasari dengan terpenuhinya kebutuhan
mereka. Fokus kepada “mengapa” bukan “berapa”, pikirkan strategi untuk
meyakinkan pembeli bahwa produk yang telah kamu beri diskon kualitasnya masih
sama, dan berikan alasan yang kuat terhadap diskon yang telah kamu tentukan.
0 Response to "JANGAN BERIKAN DISKON CUMA - CUMA INI PENJELASANNYA "
Posting Komentar